Jenis Kertas Cetak Buku Yang Biasa Digunakan Percetakan

Gambar Produk 1
Dalam dunia percetakan buku, pemilihan jenis kertas buku yang tepat sangatlah penting. Ada beberapa jenis kertas yang lazim digunakan dalam industri percetakan, seperti kertas HVS, art paper dan ivory Kertas yang digunakan akan mempengaruhi kualitas cetakan, daya tahan, serta kesan visual yang diberikan pada pembaca.
 
Jika sebelumnya buku banyak dicetak menggunakan bahan hvs karena belum ada jenis bahan lainnya. Kini baik untuk cetak buku maupun novel dan majalah telah tersedia macam bahan cetak yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa ragam jenis kertas yang sering digunakan dalam bisnis percetakan buku.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kertas HVS adalah salah satu jenis kertas yang sangat umum digunakan. Kertas ini dapat ditemukan dalam berbagai tempat seperti tempat fotokopi dan percetakan buku.

Salah satu ciri yang paling mudah dikenali dari kertas HVS adalah warnanya yang putih dan permukaannya yang terasa halus saat disentuh. Ketebalan kertas HVS bervariasi mulai dari 60 gsm hingga 100 gsm. Semakin tebal kertas HVS, semakin berat juga kertasnya. Dalam jasa cetak buku, kertas HVS dengan ketebalan 70 gsm biasanya lebih disukai.

1. Kertas Hvs

Karakter yang paling mudah dikenali dari kertas HVS adalah warnanya yang putih dengan permukaan yang terasa cukup halus saat disentuh. Ketebalannya sendiri cukup bervariasi mulai dari 60 gsm-100 gsm. Semakin tebal kertas HVS, semakin berat juga kertasnya. Di jasa cetak buku, biasanya orang lebih suka menggunakan kertas HVS 70 gsm.

Kertas HVS umumnya digunakan untuk isi buku. Namun, karena kertas ini cenderung lebih berat, penggunaannya dalam mencetak buku menjadi semakin jarang.

2. Kertas Bookpaper

Bookpaper adalah jenis kertas yang lebih ringan untuk cetakan buku. Kertas ini merupakan kertas impor yang memiliki harga lebih tinggi daripada kertas biasa. Bookpaper pilihan kertas yang sangat baik untuk mencetak buku atau materi bacaan lainnya. Kelebihannya dalam menjaga kenyamanan mata pembaca dan membuat pembaca tetap terlibat secara psikologis menjadikannya investasi yang berharga bagi penerbit dan penulis.
 
Meskipun harganya lebih mahal, manfaat yang diberikan oleh Bookpaper dalam meningkatkan pengalaman membaca dapat membantu menciptakan karya yang lebih menarik dan berhasil menjangkau pembaca yang lebih luas.

Pilihan penggunaan kertas bookpaper tersedia dalam beberapa ketebalan, mulai dari 55 gsm, 57,5 gsm hingga 70 gsm. Pada umumnya jasa cetak buku biasanya menggunakan kertas bookpaper 55 gsm atau 57,5 gsm.

3. Kertas Art Paper

Kertas art paper adalah jenis kertas dengan permukaan dan tekstur licin yang mengkilat, kertas ini banyak digunakan untuk mencetak brosur untuk kebutuhan promosi bagi suatu perusahan. Teknologi yang digunakan untuk mencetak pada media kertas art paper dengan Digital Printing, karena permukaan yang licin, cenderung mudah luntur jika dicetak dengan printer biasa.

Jenis kertas art paper bagus digunakan untuk media cetak seperti brosur, majalah, company profile. Adapun beberapa pilian ketelan kertas art paper mulai dari 80 gram, 120 gram dan 15 gram.

4. Kertas Art Carton

Memilih kertas tebal untuk media cetakan, kertas art carton adalah pilihan yang tepat, dengan permukaan yang licin dan mengkilat, kertas ini banyak digemari perusahaan. Kertas Art Carton adalah jenis kertas yang banyak digunakan untuk mencetak Company Profile, Katalog, Kartu Nama, Map Folder dan lainnya.

Kertas art carton dan kertas art paper memiliki jenis permukaan yang licin dan mengkilat, kertas art carton lebih tebal dibandingkan art paper. Ketebalan kertas art carton mulai dari 190 gram, 210 gram, 230 gram, 260 gram, hingga 310 gram.

5. Kertas Matte Paper

Kertas Matte paper adalah jenis kertas doft dengan permukaan yang halu dan licin, jenis kertas ini menyerupai art paper dan art carton. Kertas matte paper sangat digemari perusaan untuk mencetak isi buku, majalah, company profile, buku tahunan dan lainnya.

Ketebalan kertas matte paper tersedia dalam beberapa varian, gramatu yang banyak digunakan percetakan buku pada umumnya 80 gram, 120 gram dan 150 gram.

6. Kertas Concord

Kertas Concord adalah jenis kertas dengan tekstur bergelombang horisontal dan berbeda dari kertas lainnya. Kertas concord sangat cocok untuk membuat Kartu Nama, Undangan dan Sertifikat.
Gramatur kertas concord meiliki 2 jenis. Pada umumnya jasa percetakan buku menggunakan ketebalan 90 gsm, 120 gsm dan 250 gsm.

Harga kertas concord 90 gsm per box rp. 105.000 dan sedangkan untuk kertas concord 120 gsm dan 250 gsm akan sedikit lebih mahal, karena harga kertas concord akan berpengaruh dengan gramatur ketebalan kertas.

7. Kertas Ivory

Kertas Ivory adalah jenis kertas yang biasa digunakan percetakan untuk mencetak box, paper bag, tas atau souvenir. Kertas ivory memiliki permukaan halus sama dengan kertas art carton, hanya saja kertas ivory memiliki permukaan yang redup.

Gramatur ketebalan kertas ivory memiliki beberapa varian, mulai dari harga kertas ivory yang paling murah gramatur 210 gram, 230 gram, 260 gram, 310 gram higga 410 gram.

8. Kertas BW

Kertas BW adalah jenis kertas karton tebal yang biasa digunakan percetakan untuk memproduksi sertifikat, piagam, kartu nama, kartu ucapan dan lainnya. Jenis kertas ini mudah ditemukan di tempat percetakan digital printing.

Gramatur yang disediakan kertas bw mulai dari 160 gsm, 220 gsm, 250 gsm, silahkan gunakan gramatur ketebalan kertas sesuai kebutuhan anda.

9. Kertas Linen

Kertas linen adalah jenis kertas dengan tekstur permukaan yang unik. Salah satu ciri khas kertas linen memiliki permukaan yang menyerupai simbol hashtag (#). Kertas linen banyak digunakan untuk mencetak kartu ucapan, sertifikat, undangan.

Gramatur ketebalan kertas linen yang biasa tersedia di tempat percetakan digital printing mulai dari ketebalan 230 gsm.

10. Kertas Jamine

Kertas jasmine adalah jenis kertas dengan ciri khas yang memiliki glitter licin mengkilat. Kertas Jasmine biasanya digunakan untuk mencetak kartu undangan pernikahan. Jenis kertas jasmin dapat ditemukan ditempat percetakan digital.

Gramatur ketebalan kertas jasmine memiliki dua opsi pilihan, mulai dari kertas gramatur tips 190 gsm dan ketebalan 230 gsm.

11. Kertas NCR

Berbeda dengan jenis kertas ada biasanya, kertas ncr adalah jenis kertas yang tidak memerlukan carbon, ciri khas kertas ini bertekstur halus, tipis. Jenis kertas ncr ini biasa digunakan pihak percetakan untuk mencetak Nota, Faktur, Invoice, Surat Jalan dan lainnya.

Gramatur ketebalan kertas ncr terbilang tipis, diantara 50 gsm saja.

Selain jenis-jenis kertas di atas, ada juga berbagai variasi lainnya seperti kertas glossy, kertas khusus untuk cetakan foto, atau kertas khusus yang ramah lingkungan. Pemilihan jenis kertas yang tepat harus mempertimbangkan kebutuhan buku yang akan dicetak, anggaran yang tersedia, serta efek yang ingin dicapai pada pembaca.

Dalam bisnis percetakan buku, penting bagi pemilik bisnis dan penerbit untuk bekerja sama dengan percetakan yang terpercaya dan memiliki pengetahuan yang baik tentang jenis kertas yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan memilih jenis kertas yang tepat, buku akan memiliki kualitas cetakan yang baik, daya tahan yang optimal, serta memberikan kesan yang menarik bagi pembaca.
wa